PANGDAM XIV/HASANUDDIN RESMIKAN AULA ANDI DEPU KOREM 142/TATAG.

75

 

Mamuju,LK-Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjend TNI Surawahadi, S.I.P.,M.Si beserta Ibu Ketua Persit KCK PD XIV Hasanuddin Ny. Endang Surawahadi Kunjungan Kerja ke Korem 142/Tatag didampingi Asintel Kasdam XIV/Hasanuddin, Aspers, Kabintal dan Kapendam XIV/Hasanuddin. (14/5/19).

Kunjungan kerja ke Korem 142/Tatag selain bertatap muka dengan dengan seluruh Prajurit dan Persit Korem 142/Tatag dan Forkopimda Sulbar, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, juga meresmikan Aula Andi Depu Korem 142/Tatag serta memberi santunan kepada anak Yatim piatu.

Danrem 142/Tatag Kolonel Inf. Eventius Teddy Danarto dalam sambutannya, Selamat datang Bpk. Panglima beserta Ibu dan rombongan di Korem 142/Tatag semoga kehadiran bpk Panglima lebih meningkatkan hubungan silaturahmi diantara kita semua yang esensinya sangat positif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan antara TNI dan seluruh komponen guna membangun komunikasi dialogis diantara kita, sehingga dapat diperoleh kesamaan persepsi dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi.

Pada kesempatan ini Danrem juga menjelaskan bahwa Aula yang saat ini ditempati baru saja selesai pembangunannya, yang dimulai tanggal 16 Maret 2018 dan diberi nama Aula Andi Depu Pahlawan Nasional Sulawesi Barat.
Bukan tanpa alasan memberikan nama seorang wanita pejuang di tanah Mandar ini, yang nama lengkapnya Ibu Agung Andi Depu lahir di Tinambung Polman tahun 1907 sebagai Raja Balanipa ke 52.
Andi Depu adalah sosok perempuan yang inspiratif yang telah memberikan dedikasi yang tinggi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia khususnya di tanah Mandar.

Pangdam XIV/Hasanuddin dalam sambutannya,
Pada kesempatan yang baik ini, secara pribadi dan atas nama Pangdam XIV/Hasanuddin, saya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa semoga ibadah yang kita laksanakan selama Bulan Suci Ramadhan ini diterima oleh Allah Subhanahu Wata’ala.

Ucapan terima kasih serta penghargaan yang sebesar-besarnya saya sampaikan kepada Bapak Gubernur dan segenap unsur Forkopimda Provinsi Sulawesi Barat, atas kesediaannya hadir di tempat ini, semoga silaturrahim ini dapat menambah kebersamaan kita untuk selalu menciptakan suasana kedamaian dan kenyamanan di wilayah Sulawesi Barat.

Oleh karena itu, kegiatan kunjungan kerja ke wilayah Korem 142/Taroada Tarogau, kiranya dapat dijadikan sebagai wahana yang efektif dalam menjalin komunikasi, kerjasama dan sinergitas bersama segenap komponen masyarakat Provinsi Sulawesi Barat, yang esensinya saat ini semakin dibutuhkan, terutama untuk menyikapi setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Lebih lanjut Pangdam menyampaikan
Sebagai rangkaian kegiatan kunjungan kerja kali ini, akan dilaksanakan peresmian Aula Korem 142/Taroada Tarogau yang diberi nama Andi Deppu.

Perlu diketahui, bahwa Andi Deppu merupakan Pahlawan Nasional yang dijuluki Ibu Agung Andi Deppu, berasal dari Polewali Mandar. Beliau adalah pahlawan wanita pertama dalam sejarah Kerajaan Balanipa yang gigih dan berani berjuang mempertahankan kemerdekaan bersama rakyatnya melawan NICA. Pada tahun 1946, beliau dinobatkan sebagai Arayang atau Maraqdia Balanipa (sebutan bagi Ratu yang memimpin kerajaan), dan saat itu beliau menjadikan Istana kerajaannya sebagai markas para pejuang Republik Indonesia di Mandar.

Oleh karena itu, saya mengajak segenap masyarakat Sulawesi Barat agar memaknai pemberian nama Aula Andi Deppu sebagai refleksi terhadap keyakinan jati diri bangsa yang bermartabat sebagaimana motto “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Tegas Pangdam.(ANDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here