Sulbar Masuk 5 Provinsi Yang Memiliki Sanitasi Buruk

636

Mamuju – LK, Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesda) 2013 menunjukan provinsi Sulbar masuk dalam 5 besar provinsi yang kualitas sanitasi tergolong rendah seperti yang di kutip oleh Media Onlain Detik. Com Pagi ini.

Dalam Rilis Riskesda 2013 menyebutkan angka Stanting pada balita Indonesia mencapai 37,2 persen. Bahkan ada yang mencapai 50 persen di daerah tertentu.Adapun provinsi yang memiliki kualitas sanitasi yang rendah yaitu NTT NTB, Maluku,Sulawesi Barat dan Kalimantan Tengah. Sedangkan untuk daerah yang memiliki sanitasi baik di pegang Jawa dan bali.

Perlu diketahui bahwa Stanting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan anak dibawah standar tinggi badan anak seusianya. Istilah stanting sendiri di ambil dari bahasa inggris, yaitu Stunting, atau Kerdil. Penyebab stanting adalahnya kurangnya asupan gizi pada anak, dan sering terserang diare.

Selain itu stanting atau kondisi kerdil pada anak, adalah merupakan penyakit, yang berhubungan dengan infeksi dari bakteri patogen, dari lingkungan sekitar dimana penyakit ini disebabkan karna kebiasaan buruk masyarakat yang masih buang air besar di sembarang tempat.

Penyakit ini juga memiliki efek jangka panjang dan luas baik kepada anak maupun kepada produktivitas ekonomi negara.

Dalam riset tersebut juga di jelaskan bahwa pada anak stanting kelak akan riskan mendapatkan penyakit lain ketika dewasa seperti, Jantung dan Diabetes, Serta mereka cendrung Mengalami obesitas. ( AND )

( Sumber Detik.com)